Cara Cek Data Honorer K2 di BKN 2024

Cara Cek Data Honorer K2 di BKN
Bagi anda yang sedang mencari terkait cara cek data honorer K2 di BKN, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasan untuk anda.

Menjadi seorang pegawai honorer tentu saja bukan keinginan banyak orang, namun ini bisa menjadi sebuah batu loncatan sebelum akhirnya anda dapat menjadi pegawai tetap.

Menjadi pegawai honorer biasanya akan membuat seseorang bekerja secara penuh namun gaji yang akan didapatkan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

Oleh karena itu, banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan honorer adalah pekerjaan yang paling memprihatinkan.

Bahkan banyak yang beredar di sosial media bahwa pengawai honorer yang membagikan gajinya yang hanya ratusan ribu yang didapatkan dari pekerjaan selama sebulan.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi terkait cara cek data honorer K2 di BKN dengan mudah dan cepat.

Pemerintah Terus berupaya Membuat Pekerja Honorer Hidup Layak

Melihat pekerjaan seorang pegawai honorer yang tergolong cukup memprihatinkan membuat pemerintah juga tidak tinggal diam.

Pemerintah saat ini terus berupaya agar pegawai honorer bisa mendapatkan gaji yang layak seperti pekerjaan yang dilakukannya.

Kini pemerintah terus membuat berbagai program yang memang ditujukan untuk pegawai honorer agar lebih mendapatkan perhatian khusus.

Salah satu caranya adalah dengan mengadakan program K2 BKN yang merupakan sebuah dampak positif jika dimanfaatkan dengan benar dan tidak disalahgunakan.

Karena dengan memanfaatkan sistem informasi yang benar akan memudahkan segala bentuk penyebaran informasi.

Dengan demikian, pegawai honorer dapat mengecek data masing-masing dengan mudah hanya melalui perangkat yang dimiliki.

Seperti dilansir dari situs caraapk.com, program ini dapat berisikan sebuah data yang para pegawai honorer termasuk dengan gaji yang didapatkan.

Informasi semacam ini memang sangat penting untuk pegawai honorer agar tempatnya bekerja tidak memperlakukannya seenaknya.

Bagi anda pegawai honorer, dibawah ini telah kami siapkan bagaimana cara cek data honorer K2 di BKN dengan mudah dan cepat.

Cara Cek Data Base Honorer K2 di BKN Terbaru

Cara Cek Data Honorer K2 di BKN
Cara Cek Data Base Honorer K2 di BKN Terbaru
Sebenarnya cara veka data base honorer K2 di BKN ini bisa dilakukan pada laptop, komputer atau Smartphone yang anda miliki.

Anda hanya perlu terhubung dengan koneksi internet menggunakan Wifi kantor ataupun paket data seluer anda.

Meskipun masih banyak problem dramatis pada pegawai honorer K2 ini, pemerintah sendiri masih berusaha keras agar honorer K2 bisa makmur dan mendapatkan keadilan.

Salah satu caranya adalah dengan meluncurkan website apps.bkn.go.id ini, dimana website tersebut memiliki data base honorer K2 dari informasi profil honorer, gadi dan lainnya.

Dengan hadirnya website tersebut sangat membantu para honorer K2 untuk bisa mendapatkan informasi yang leih terbuka.

Perlu anda ketahui bahwa cara cek data base honorer K2 di BKN ini sewaktu-waktu bisa tidak digunakan lagi.

Hal ini tergantung dari kewajiban pemerintah Indonesia, namun jika terdapat pemberitahuan mengenai perubahan website ini kami akan memberikan updatenya untuk anda.

Langsung saja anda simak beberapa tahapan cara cek data honorer K2 di BKN dengan benar yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda buka website apps.bkn.go.id/profilpns atau download aplikasi My SAPK BKN melalui link berikut (Download Aplikasi My SAPK BKN).
  • Selanjutnya, silahkan anda buka aplikasi My SAPK BKN yang sudah anda install di HP.
  • Setelah membukanya, maka anda bisa langsung login dengan memasukkan username dan password milik anda.
  • Pada aplikasi ini terdapat banyak pilihan menu dan informasi yang bisa anda gunakan dengan mudah.
  • Informasi tersebut di antaranya Profil PNS, Ubah Data, Mykpe, Otentifikasi, SK, Notifikasi, e-lapkin, Cat, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen, BP Tapera dan lainnya.
  • Jika anda ingin mengecek profil PNS, maka anda tinggal klik pada menu "Profil PNS" dan lihat apakah profilnya sesuai atau tidak.
Selain mendapatkan semua informasi yang penting untuk diketahui oleh honorer K2, aplikasi My SAPK BKN ini juga akan memberikan informasi terkini seputar pegawai honorer.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan informasi terkait kebijakan pemerintah BKN terhadap pegawai honorer K2.

Perbedaan Pegawai Honorer Kategori 1, 2 dan 3 Yang Harus Anda Ketahui

Setelah anda mengetahui cara cek data honorer K2 di BKN, kami juga akan membagikan informasi terkait perbedaan pegawai honorer K1, K2 dan K3.

Pemerintah daerah Pegawai honorer diangkat oleh pembina kepegawaian (PPK) atau pejabat lain dalam pemerintah untuk melaksanan tugas tertentu pada instalasi pemerintah.

Tetapi, yang perlu anda ketahui bahwa ternyata para pegawai honorer tersebut masih dibagi-bagi ke dalam beberapa golongan atau kelompok lagi, yakni Honorer Kategori 1, Honorer Kategori 2 dan Honorer Kategori 3.

Adapun di bawah ini akan kami jelaskan perbedaan dari pegawai honorer 1, 2 dan 3 yaitu sebagai berikut:

a. Honorer Kategori 1 (K1)

Honorer K1 ini merupakan tenaga honorer yang pembiayaan upah atau honornya langsung dibiayai oleh APBD/APBN.

Adapun pegawai honorer K1 yang masuk kedalam daftar yang sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 5/2010 yakni pegawai honorer yang bekerja di instasi pemerintahan terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2005.

Dengan demikian, pegawai honorer K1 ini memiliki peluang langsung untuk diangkat menjadi PNS.

b. Honorer Kategori 2 (K2)

Honorer K2 adalah pegawai honorer yang diangkat per 1 Januari 2005 atau sudah memiliki masa kerja 1 tahun pada 31 Desember 2005.

Honorer K2 ini tidak mendapatkan upah dari APBD/APBN seperti honorer K1, dan bagi pegawai honorer K2 yang ingin diangkat menjadi CPNS harus mengikuti tes terlebih dahulu.

Adapun beberapa persyaratan pegawai honorer K2 agar dapat diangkat menjadi CPNS yaitu sebagai berikut:
  • Bekerja di instansi pemerintah.
  • Diangkat oleh PPK atau pejabat lain yang memiliki otoritas.
  • Usia minimal berusia 19 tahun dan maksimal 46 tahun pada 1 Januari 2006.
  • Sumber pembiayaan upah, gaji dan penghasilan dari APBN/APBD.
  • Memiliki masa kerja minimal satu tahun per 31 Desember 2005 dan masih bekerja secara terus-menerus tanpa terputus.

c. Honorer Kategori 3 (K3)

Sedangkan untuk pegawai honorer K3 ini memang sangat jarang terdengar jika dibandingkan dengan honorer K1 atau K2.

Pegawai honorer K3 ini merupakan tenaga honorer yang diangkat selepas kurun 2005-2008 atau mulai bekerja di instansi Pemerintah sejak 1 Januari 2009.

Untuk honorer K3 ini jika berbicara tentang peluang untuk diangkat menjadi CPNS tampaknya jauh lebih sulit dibandingkan dua kategori honorer sebelumnya.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara cek data honorer K2 di BKN.

Banyak para pegawai honorer k2 yang ingin mendapatkan kemakmuran dan gaji yang sesuai dengan usahanya.

Dan disini kami juga berdoa agar suatu saat nanti pemerintah Indonesia bisa lebih peduli terhadap pegawai honorer K2.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara cek data base honorer K2 di BKN pada artikel kali ini. Seomoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Anantya Van Bronckhorst Pakar teknologi dan editor artikel teknologi yang berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, game, seluler, internet, komputer dan aplikasi (APK).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel