Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia 2024

Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia
Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia - Apabila anda merupakan salah satu orang yang memiliki HP dan membelinya diluar negeri, maka dengan begitu wajib untuk mendaftarkan IMEI (International Equipment Indentity) nya.

Tujuan tersebut dilakukan agar HP yang anda gunakan bisa terhubung dengan layanan operator seluler yang ada di Indonesia ya guys.

Yang mana, pendaftaran IMEI ini juga biasa disebut dengan proses mengubah jaringan dari negara tempat membeli HP ke jaringan tempat yang akan digunakannya HP tersebut.

Perlu anda ketahui, bahwa HP yang tidak memiliki IMEI juga akan terkena pemblokiran oleh jaringan seluler yang ada di Indonesia karena dianggap ilegal.

Dimana HP yang dibeli pada negara Malaysia ialah yang paling banyak beredar di Indonesia, khususnya didaerah-daerah pedesaan.

Karena data-data yang membeli HP dinegara tersebut adalah para tenaga kerja Indonesia yang ingin diberikan kepada teman atau keluargannya.

Nah jika hal tersebut terjadi, tentunya akan merugikan anda sendiri sebagai pemilik HP dan uang akan terbuang sia-sia karena HP nya tidak bisa digunakan di Indonesia.

Lantas, bagaimana caranya mengubah jaringan atau mendaftarkan IMEI nya? Nah untuk mendaftarkan IMEI atau mengubah jaringan tersebut bisa dilakukan melalui website atau aplikasi Bea Cukai ya guys.

Mengingat Bea Cukai sendiri merupakan lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengawasi semua barang yang keluar atau masuk di Indonesia.

Bagi anda yang penasaran bagaimana caranya, maka dengan begitu anda bisa simak ulasan dibawah ini sampai selesai mengenai cara mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia.

Sekilas Tentang Informasi Mengenai Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia

Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia
Sekilas Tentang Informasi Mengenai Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia
Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa hal penting tentang IMEI yang perlu diketahui dan juga diperhatikan agar proses dalam mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, informasi tentang IMEI ini juga nantinya akan dibutuhkan sewaktu-waktu jika ada masalah yang terjadi pada HP anda.

Dan sedangkan informasi tentang IMEI mengenai cara mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia yaitu sebagai berikut.

A. Cara Mengecek Nomor IMEI

  • Nomor IMEI iPhone dan iPad sudah tertulis langsung dipunggung masing-masing perangkat tersebut.
  • Bisa dicek dengan cara menekan kode *#06# pada menu telepon.
  • Selain itu, nomor IMEI sendiri juga bisa dicek melalui kotak penjualan dimasing-masing perangkat.
  • Untuk nomor IMEI di Android, maka bisa dilihat melalui menu Setting atau Pengaturan lalu pilihlah menu About Phone.
  • Jika HP yang digunakan menggunakan satu slot SIM Card, maka dengan begitu nomor IMEI nya hanya satu ya.
  • Akan tetapi, jika HP anda menggunakan dua slot SIM Card. Otomatis nomor IMEI nya pun ada dua ya guys.

B. Cara Mengatasi IMEI HP yang Diambil atau Dicuri

  • Apabila HP anda dicuri, langkah pertama yang bisa dilakukan ialah memblokir nomor IMEI dari HP tersebut. Tujuannya agar tidak disalahgunakan untuk tindakan kejahatan seperti yang mengatasnamakan anda.
  • Yang mana di HP tersebut data yang terdaftar atas nama pemilik aslinya yakni anda.
  • Memblokir IMEI juga menyebabkan HP tidak bisa digunakan untuk menelpon ataupun terhubung ke internet, sehingga pencurinya akan kesulitan jika ingin menjualnya.
  • Nah untuk IMEI yang terblokir, anda bisa menghubungi Costumer Service (CS) dari operator yang digunakan pada HP tersebut.
  • Namun sebelum melapor, terlebih dahulu siapkan persyaratan diantaranya surat kehilangan dari kepolisian ya guys.
  • Dengan begitu pihak operator seluer kemudian akan memeriksa laporan tersebut. Jika benar anda pemiliknya, maka IMEI nya akan diblokir agar tidak bisa digunakan disemua operator Indonesia.

Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia

Pada bahasan di bawah ini, kami akan memberikan ulasan beberapa macam cara mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia yang bisa anda gunakan.

1. Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia Via Situs Bea Cukai

Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia
Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia Via Situs Bea Cukai
Seperti yang kami jelaskan diatas, situs atau aplikasi Bea Cukai merupakan salah satu yang bisa dimanfaatkan jika ingin mengubah jaringan.

Dan adapun kali ini adalah langkah-langkah cara mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia via situs Bea Cukai yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah kunjungi situs Bea Cukai melalui link yang kami sediakan berikut ini (Situs Bea Cukai).
  • Apabila situsnya sudah terbuka, maka isilah beberapa data yang tertera pada formulir.
  • Sebagai pemilik HP, anda akan mendapatkan QR kode dan juga nomor registrasi ya guys.
  • Nah untuk proses verifikasinya sendiri, silahkan tunjukkan QR kode tersebut ke area pemeriksaan Bea Cukai.
  • Kemudian anda akan mendapatkan nomor IMEI setelah proses verifikasi dan juga persetujuan dari Bea Cukai disetujui.
  • Yups, barulah HP anda bisa dipasangi kartu atau SIM Card operator lokal Indonesia.

2. Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia dengan Aplikasi

Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia
Cara Mengubah Jaringan Malaysia ke Indonesia dengan Aplikasi
Selain itu, anda juga bisa melakukan cara mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia dengan menggunakan bantuan aplikasi lho guys.

Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan ialah Z3X yang bisa anda download secara gratis melalui internet. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah meyiapkan perangkat komputer, kabel data dan juga Software atau aplikasi Z3X.
  • Kemudian silahkan anda install dan jalankan aplikasi Z3X diperangkat komputer tersebut.
  • Lalu jangan sampai lupa untuk mengaktifkan USB Debugging diperangkat HP Android yang ingin diunlock sistem dan juga jaringannya.
  • Setelah itu, silahkan anda sambungkan HP ke komputer dengan menggunakan kabel data tadi. Pastikan ponsel tersebut sudah terdeteksi diperangkat komputer ya guys.
  • Selanjutnya lakukan beberapa pengaturan di aplikasi Z3X tersebut, kemudian pada saat muncul opsi Unlock anda bisa klik pada opsi tersebut.
  • Maka dengan begitu, HP sudah berhasil dibuka dan sekarang bisa digunakan untuk mengakses jaringan di Indonesia.
  • Selesai.

Yang lebih menariknya lagi, bahwa selain aplikasi Z3X, ternyata masih ada satu lagi lho rekomendasi aplikasi lain untuk membuka akses jaringan selain dari negara asal dari HP luar negeri.

Yang mana aplikasi tersebut bernama Octoplus Box yang diklaim bisa mengubah jaringan di HP ke Indonesia. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya berjalan di HP Android yang sudah diroot.

Akhir Kata

Nah itu dia ulasan yang sudah kami bagikan di atas untuk anda mengenai cara mengubah jaringan Malaysia ke Indonesia, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Yang mana pada ulasan di atas, kami juga sudah membagikan informasi sekilas tentang IMEI yang bisa diperhatikan untuk menjaga keamanan HP anda.

Perlu diperhatikan, agar proses mengubah jaringan berhasil dilakukan silahkan perhatikan serta lakukan setiap langkahnya dengan baik dan benar.

Mungkin apabila menurut anda informasi ini dirasa cukup penting, bagikan saja langsung kepada teman atau kerabat anda yang belum mengetahuinya atau juga bisa ke akun media sosial yang anda punya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel