Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar 2024

Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar
Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar - Dalam grup WhatsApp, yang hanya bisa menambah dan mengeluarkan anggota adalah Admin.

Akan tetapi anggota grup juga bisa keluar dari Grup dengan sendirinya, kapan pun dan dimanapun tanpa harus meminta izin admin grup.

Dengan begitu admin tidak dapat memaksa anggota grup untuk tetap bertahan di grup yang sudah dibuat tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar anggota grup tidak keluar? Sebenarnya masih belum ada cara mencegah atau mengunci grup supaya anggotanya tidak keluar.

Dikarenakan pihak Developer WhatsApp belum menyediakan fitur khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Pihak developer memberikan alasan yang sederhana, karena fitur grup WA memang dirilis supaya pengguna bisa berkomunikasi dengan nyaman dan terbuka dalam satu komunitas.

Perlu diketahui bahwa kini WA sudah meluncurkan fitur terbaru untuk mengunci WA agar anggota grup tidak dapat mengirim pesan.

Layanan ini hanya memungkinkan admin mengirim pesan grup dan anggota lainnya hanya bisa membacanya saja.

Bagi anda yang sudah penasaran dengan cara mengunci grup WA agar anggota tidak keluar yang akan kami bagikan, simak informasi lengkapnya dalam ulasan dibawah ini.

Cara Mengunci Grup WhatsApp

Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar
Cara Mengunci Grup WhatsApp
Mengaktifkan pengaturan untuk menyetujui peserta grup WhatsApp baru merupakan cara terbaik untuk mengunci WA sehingga menjadikan WhatsApp lebih aman.

Anda tidak perlu hawatir tentang orang acak yang mendapatkan akses ke data yang dibagikan di grup anda.

Akibatnya, fitur ini hanya memungkinkan anda untuk mengelola grup WhatsApp secara efektif.

Dengan mengaktifkan setelan ini, ketika ada orang baru mencoba bergabung ke grup via tautan undangan, mereka tidak akan bisa langsung melakukannya.

Sebaliknya, mereka harus menunggu hingga salah satu admin grup menerima atau menolak permintaan mereka.

Untuk mengaktifkan pengaturan ini di grup WhatsApp, anda bisa melakukan beberapa tahapan dibawah ini! Yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, buka WhatsApp di HP dan pilih grup tempat anda ingin mengaktifkan fitur ini.
  • Selanjutnya, ketuk nama grup WA di bagian atas layar anda dan gulir ke bawah sampai anda melihat opsi Pengaturan Grup.
  • Setelah memilih Pengaturan Grup, anda akan melihat opsi untuk menyetujui peserta baru.
  • Secara default, pengaturan ini dinonaktifkan dan untuk mengaktifkannya anda bisa klik opsi dan tekan nyala.
  • Sampai tahap ini, kini setiap anggota baru yang hendak bergabung grup akan membutuhkan persetujuan dari admin grup.

Cara Mengunci Grup WhatsApp Oleh Admin

Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar
Cara Mengunci Grup WhatsApp Oleh Admin
Ketika mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis grup WhatsApp akan terkunci sehingga anggota tidak bisa lagi berinteraksi dalam grup.

Satu-satunya penghuni grup yang boleh mengirim pesan adalah admin, walau begitu anggota grup tetap bisa melihat isi pesannya.

Opsi ini efektif digunakan jika grup memang bertujuan untuk Sharing informasi penting, dengan begitu tidak akan ada info yang terlewatkan dan anda tidak repot menjlaskan berkali-kali.

Catatan: Cara ini dapat diterapkan jika anda sudah lebih dulu menjadi admin grup, jika belum maka menu pengaturan tidak akan muncul sehingga anda tidak dapat mengubahnya.

Apabila belum menjadi admin, mintalah bantuan untuk mengubahnya kepada salah satu anggota grup! Baru setelah itu anda bisa mengikuti tahapan yang kami bagikan.

Adapun langkah-langkah cara mengunci grup WA agar anggota tidak keluar dan tidak bisa mengirim pesan, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  • Selanjutnya, masuk pada obrolan grup yang ingin dikunci.
  • Setelah itu, ketuk nama grup pada bagian atas untuk membuka pilihan menu grup.
  • Kemudian pilih opsi "Pengaturan Grup".
  • Sesuaikan opsi "Mengirim Pesan" dari semua peserta menjadi "Hanya Admin".
  • Sampai tahap ini, anda juga bisa mengatur hal serupa untuk menetapkan siapa saja yang bisa mengedit pengaturan grup.
  • Menunya ada di bawah opsi "Mengirim Pesan" dengan tampilan keterangan "Edit Pengaturan Grup".
  • Pada jendela pengaturan yang sama, terdapat juga opsi "Edit Admin Grup", silahkan klik menu tersebut jika ingin menambahkan atau menghilangkah admin yang nantinya memegang kendali grup.

Cara mengunci anggota grup WhatsApp agar tidak keluar, dipastikan tidak ada! Tutorial diatas adalah cara agar anggota grup tidak bisa berkirim pesan.

Apabila fitur ini digunakan, biasanya yang dapat berkirim pesan di grup WhatsApp hanya admin saja sedangkan anggota tidak dapat membalas pesan melainkan hanya bisa membacanya saja.

Biasanya grup yang menggunakan fitur ini adalah grup pembagian kerja yang bersistem perintah, artinya tidak ada diskusi dalam grup tersebut.

Melainkan berupa penyampaian informasi pekerjaan yang harus dilakukan oleh anggota.

Cara Mengunci WA Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain

Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar
Cara Mengunci WA Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain
Apabila yang dimaksud mengunci adalah untuk mengamankan obrolan grup supaya tidak dibuka orang lain, maka WA belum menyediakan fitur tersebut.

Walau begitu, tersedia aplikasi pihak ketiga yang dapat anda manfaatkan namun hanya tersedia di perangkat Android.

Misalnya aplikasi yang dapat digunakan yaitu Locker for WhatsApp Chat App, untuk menggunakannya pastikan anda sudah mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.

Dibawah ini adalah langkah-langkah cara mengunci grup WA agar anggota tidak keluar atau supaya grup tidak dibuka orang lain, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, buka aplikasi yang sudah di unduh via Play Store di HP masing-masing.
  • Selanjutnya, anda akan diminta memasukkan PIN baru yang terdiri dari 4 angka (Buatlah angka sesulit mungkin namun masih bisa diingat, ini adalah kode akses untuk membuka grup).
  • Silahkan tekan tanda plus di kanan bawah.
  • Lalu, pilih grup yang ingin dikunci.
  • Selesai.

Grup akan terkunci begitu anda membuka WhatsApp, untuk mengaksesnya anda tinggal masukkan 4 digit angka yang sudah diatur sebelumnya.

Cara mengunci grup WA diatas dapat anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan, jika ingin membuat obrolan satu arah atau mengamankan chat grup anda tinggal mengikuti tahapan sebelumnya.

Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar

Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar
Cara Mengunci Grup WA Agar Anggota Tidak Keluar
Meskipun belum ada cara mengunci grup WA agar anggota tidak keluar, namun sebagai admin anda tetap bisa menjaga agar anggota grup tidak keluar dari grup dengan menerapkan beberapa tips.

Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar anggota grup tidak keluar dari grup, diantaranya yaitu:
  • Admin grup harus sopan, responsif dan tidak memihak atau menjatuhkan salah satu anggota grup.
  • Usahakan untuk selalu membagikan konten-konten yang baik, positif dan dapat menambah wawasan.
  • Pisahkan grup teman, keluarga, kerja dan lainnya.
  • Pastikan anggota grup tidak menggunakan profil palsu.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, dpaat dipastikan anggota grup akan betah berdiskusi di grup dan mereka akan sungkan keluar grup.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar cara mengunci grup WA agar anggota tidak keluar dan cara hanya admin yang bisa mengirim pesan yang dapat kami bagikan.

Apabila anggota grup terdiri dariorang-orang yang berfikiran terbuka dan selalu membagikan informasi atau konten yang bermanfaat, maka tentu anggota grup akan senang melakukan didkusi.

Beda halnya kalau anggota grup mengirimkan pesan yang tidak sopan sehingga menyinggung anggota lain, karena merasa tidak nyaman mereka akan langsung keluar. Sekian dan semoga bermanfaat.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel