Cara Menggunakan Wireshark 2024

Cara Menggunakan Wireshark
Cara Menggunakan Wireshark - Jika jaringan WiFi dirumah anda tiba-tiba lemot sementara Smartphone anda sedang kehabisan kuota, apa yang anda lakukan?.

Apakah anda berfikir untuk membobol WiFi tetangga supaya bisa tetap mendapatkan koneksi internet?

Lalu, bagaimana jika yang terjadi sebaliknya? Dimana anda ingin mengetahui siapa saja yang ada di jaringan yang sama dengan anda.

Juga mengetahui data-data yang keluar dan masuk via jaringan tersebut, dengan begitu anda bisa melihat informasi penting yang dibagikan.

Akan tetapi, apakah hal ini bisa dilakukan? Anda bisa menggunakan bantuan Software bernama Wireshark untuk memonitor jaringan yang dipakai.

Simak terus ulasan dalam artikel dibawah ini untuk mengetahui cara menggunakan Wireshark. Simak sampai akhir yaa!

Apa itu Wireshark?

Cara Menggunakan Wireshark
Apa itu Wireshark?
Awalnya dikenal dengan Ethereal, Wireshark menampilkan data dari ratusan protokol berbeda dengan semua jenis jaringan utama.

Paket data bisa dilihat secara Real-Time atau dianalisis secara offline, software ini bahkan mendukung lusinan format file tangkap atau lacak (Capture /Trace), termasul CAP dan ERF.

Alat deskripsi terintegrasi menampilkan paket ternekripsi untuk beberapa protokol umum, termasuk juga WEP dan WPA/WPA2.

Wireshark merupakan penganalisa lalu lintas jaringan terkemuka di dunia, alat ini cukup penting dan profesional keamanan atau administrator sistem.

Software gratis ini memungkinkan anda menganalisa lalu lintas jaringan secara Real-Time dan seringkali merupakan alat terbaik untuk mengatasi masalah pada jaringan anda.

Masalah umum yang bisa dipecahkan oleh Software Wireshark termasuk paket yang hilang, masalah latensi serta aktivitas jahat di jaringan anda.

Hal ini memungkinkan anda menempatkan lalu lintas jaringan dibawah mikroskop dan menyediakan alat untuk menelusuri lalu lintas tersebut, memperbesar penyebab masalah utamanya.

Administrator menggunakan software ini untuk mengidentifikasi peralatan jaringan yang rusak karena menjatuhkan paket.

Juga masalah latensi yang disebabkan mesin yang merutekan lalu lintas di belahan dunia dan pengelupasan data atau upaya peretasan terhadap anda.

Wireshark termasuk alat yang cukup ampuh yang membutuhkan pengetahuan dasar-dasar jaringan, untuk sebagian besar perusahaan modern itu artinya memahami TCP/IP Stack.

Juga cara membaca dan menafsirkan header paket, bagaimana routing, port forwarding dan DHCP berfungsi.

Keunggulan Aplikasi Wireshark

Cara Menggunakan Wireshark
Keunggulan Aplikasi Wireshark
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menggunakan Wireshark, alangkah baiknya jika anda memahami dahulu keunggulan aplikasi ini.

Ada banyak keunggulan dalam aplikasi Wireshark ini, fitur yang ada pada Wireshark sangat membantu pengguna saat sedang mengopersikannya.

Dibawah ini adalah beberapa fitur yang ada di aplikasi Wireshark yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

Fitur Display filter Language. Hal ini banyak dan kapabilitas dalam satu aliran TCP.
Paket Sniffer dengan fungsi mengambil kesimpulan dan menahan maupun melakukan pencatatan Traffic dalam sebuah jaringan internet yang digunakan.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi fitur lainnya yang memiliki funsgi berbeda-beda dan dapat membantu anda saat mengoperasikan aplikasi tersebut.

Cara Menggunakan Wireshark untuk Monitoring Jaringan

Cara Menggunakan Wireshark
Cara Menggunakan Wireshark untuk Monitoring Jaringan
Wireshark adalah perangkat lunak spesifik untuk melakukan analisis paket data pada jaringan secara real-time dan menampilkan hasil dalam format yang mudah dipahami.

Wireshark bisa melakukan paket filteringm paket color coding, sniffing dan fitur-fitur lain yang memungkinkan pengguna melihat detail traffic jaringan dan inspeksi paket data secara Individu.

Beberapa contoh masalah yang mungkin membutuhkan software Wireshark adalah Troubleshoot persoalan jaringan, uji keamanan, debugging implementasi protokol dan belajar protokol jaringan.

Sekalipun bisa digunakan untuk mengambil informasi-informasi sensitif pada jaringan, seperti Password, Cookie dan lainnya.

Akan tetapi kami sarankan supaya anda tetap bijaksana dalam menggunakan Software ini.

Dibawah ini sudah kami bagikan tahapan cara menggunakan Wireshark untuk memoitoring jaringan dan bobol WiFi.

1. Download dan Install Wireshark

Supaya anda dapat memanfaatkan fitur canggih dari Wireshark, anda harus mempunyai Software terlebih dahulu di PC atau Laptop anda.

Untungnya, Wireshark sudah tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Unix dan Mac.

Jika anda sudah sangat penasaran dengan cara mengetahui password WiFi orang lain menggunakan Wireshark, simak tahapan yang akan kami uraikan dibawah ini.
  • Pertama, buka situs (https://www.wireshark.org/download.html) yang dapat anda akses via aplikasi browser favorit anda.
  • Selanjutnya, klik pada sistem operasi yang sesuai dengan PC atau Laptop yang anda gunakan dan tunggu sampai proses download selesai.
  • Buka file Sireshark yang sudah diunduh, lalu ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.
  • Silahkan Double Click pada ikon Wireshark di Dekstop sampai muncul Splash Screen yang sedang melakukan proses loading pada komponen yang digunakan.
  • Pada halaman awal Wireshark sebelum melakukan proses Capture, disana anda bisa mengatur beberapa hal untuk memastikan bahwa Software Wireshark melakukan proses Capture dalam mode yang tepat.

2. Menjalankan Wireshark

Setelah berhasil download dan install Wireshark, sekarang kami akan membagikan anda cara menggunakan Software Wireshark.

Sebenarnya, tutorial Wireshark sudah sangat banyak di internet sehingga jika ingin mendapatkan lebih banyak informasi seputar Software yang dulunya bernama Ethereal ini bisa bebas mencarinya di Search Engine.

Wireshark adalah sebuah Network Protocol Analyzer yang dapat digunakan oleh para hacker untuk menganalisis data dan proses dalam sebuah jaringan WiFi.

Karena itulah, banyak yang mencari cara menjalankan software Wireshark bobol WiFi. Apakah anda termasuk salah satunya?

Supaya jaringan yang anda dan orang lain gunakan sama-sama aman, maka kami hanya akan mengajarkan tutorial menggunakan Wireshark untuk monitoring jaringan saja.

Apabila digunakan pada PC atau Laptop yang terhubung pada jaringan yang sama, anda dapat mengetahui lalu lintas data yang masuk dan keluar dari target, lho.

Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak langkah-langkah cara menggunakan Wireshark untuk melakukan proses Sniffing terhadap paket data, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, buka Software Wireshark yang sebelumnya sudah anda lakukan proses instalasi.
  • Selanjutnya, klik bar Capture dan pilih menu Interface yang tersedia.
  • Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang diperoleh dari dafta Interface jaringan yang dimiliki.
  • Kolom paket akan bernilai suatu bilangan tertentu, sehingga itu akan menunjukkan adanya paket data yang masuk.
  • Silahkan pilih Interface yang memiliki paket jaringan yang masuk atau aktif, anda juga bisa melakukan konfigurasi dengan menekan tombol "Options" pada kotak Dialog Capture Interfaces dan akan muncul kotak dialog.
  • Pastikan bagian "Capture Packets in Promiscuous Mode" di menu Capture Options tersebut sudah tercentang.
  • Anda juga dapat menentukan file dan lokasinya dengan menekan tombol Browse pada bagian Capture Files.
  • Lalu, klik tombol "Start".
  • Untuk mengunakan Wireshark, software ini akan melakukan proses Sniffing sesuai dengan konfigurasi yang sudah dilakukan.
  • Proses pengambilan paket data akan berlangsung secara real-time, semakin lama melakukan proses Sniffing maka semakin besar file yang dihasilkan.
  • Jika ingin menghentikan proses Sniffing, tekan ikon Adapter Jaringan Berwarna Merah yang ada dibawah Tab View atau ikon nomor empat dari kiri.
  • Untuk menyimpan paket data yang sudah di Capture secara real-time, tekan menu File dan pilih Save As.
  • Terakhir, tulis nama file dan tekan tombol "Save" untuk menyimpan file hasil Capture (File ini seharusnya berekstensi .pcap)

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar cara menggunakan Wireshark untuk monitoring jaringan yang dapat kami bagikan untuk anda.

Dengan mengetahui tutorial diatas, anda bisa mengetahui banyaknya kuota, digunakan untuk apa saja dan siapa saja pengguna data internet tersebut.

Itu semua adalah hasil dari proses Sniffing yang dilakukan oleh Software Wireshark, software ini juga mempunyai banyak kegunaan sehingga tidak ada salahnya anda mempelajari tutorialnya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel