Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN 2024

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN - Pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 telah dilakukan secara serentak tepatnya pada Selasa (20/6/2023) kemarin.

Sedangkan para peserta baru bisa melihat nilai skor UTBK SBMPTN ini pada Senin, 26 Juni hingga 31 Juli 2024 saat periode cetak sertifikat.

Nilai skor ujian ini bisa dilihat oleh semua peserta di sertifikat yang akan muncul pada 26 Juni mendatang baik yang lolos ataupun yang tidak lolos UTBK.

Untuk peserta yang tidak lolos, nantinya bisa menggunakan nilai atau skor UTBK 2024 tersebut untuk mendaftar Seleksi Mandiri.

Begitu juga dengan peserta yang lolos, mereka diwajibkan untuk mencetak sertifikat UTBK yang nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan daftar ulang di perguruan tinggi negeri (PTN) masing-masing.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui oleh para calon mahasiswa.

Syarat UTBK SBMPTN 2024

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Syarat UTBK SBMPTN 2024
Sebelum membahas tentang cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN, kami akan membagikan informasi lain yang mungkin akan diperlukan kedepannya.

Informasi lain yang dimaksud yaitu beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon peserta yang ingin mengikuti seleksi UTBK SBMPTN.

Meskipun proses seleksi SBMPTN 2024 sudah dilakukan dan tinggal menunggu pengumuman hasilnya saja, namun siapa tahu informasi ini dibutuhkan oleh para peserta yang tidak berhasil lolos dan bisa digunakan untuk mendaftar seleksi mandiri.

Ada beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi UTBK SBMPTN dan harus disiapkan oleh para calon peserta sebelum mereka mendaftar dan akan kami paparkan pada uraian ini.

Untuk syarat UTBK SBMPTN 2024 yaitu sebagai berikut:
  • Peserta memiliki akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)
  • Warga Negara Indonesia dan telah mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan 2024 harus mempunyai surat keterangan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 atau peserta didik paket C tahun 2024 dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024.
  • Surat keterangan siswa kelas 12 yang dilengkapi dengan beberapa hal yaitu sebagai berikut:
    • Foto terbaru (berwarna)
    • Stempel sekolah
    • Tanda tangan kepala sekolah
  • Peserta didik harus mempunyai ijazah dengan usian maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024 untuk lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan paket C tahun 2021 dan 2022. Sementara, untuk ijazah yang sudah disetarakan wajib dimiliki dan dilampirkan oleh siswa SMA/sederajat yang berasal dari lulusan sekolah luar negeri.
  • Tidak lulus SNBP 2024/SNMPTN 2022/SNMPTN 2021
  • Mempunyai kesehatan yang memadai agar tidak mengganggu proses studi
  • Portofolio harus diunggah oleh peserta yang memilih prodi seni dan olahraga.
  • Pendaftar tunanetra wajib mengunggah surat pernyataan tunanetra.
  • Hasil UTBK 2024 hanya dapat digunakan untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2024.

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN melalui Situs Resmi Kemdikbud

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN melalui Situs Resmi Kemdikbud
Seperti yang telah dijelaskan pada uraian awal, jika nilai skor UTBK SBMPTN ini bisa dilihat secara langsung oleh semua peserta mulai tanggal 26 Juni 2024 mendatang.

Nilai ujian tersebut nantinya akan di umumkan melalui laman atau situs resmi dari Kemdikbud dan para peserta bisa langsung mengaksesnya.

Untuk cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN melalui situs resmi Kemdikbud yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan buka atau kunjungi situs resminya melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Resmi Kemdikbud).
  • Setelah laman atau situs terbuka, selanjutnya Anda harus mengisikan nomor peserta dan tanggal lahir Anda.
  • Kemudian klik menu Lihat Hasil lalu cek bagian unduh sertifikat UTBK SNBT 2024.
  • Lalu klik unduh sertifikat UTBK SNBT 2024 dan nilai skor UTBK 2024 sudah dapat dicek pada sertifikat tersebut.
  • Sertifikat UTBK SNBT 2024 wajib diunggah oleh peserta yang lolos karena akan digunakan untuk keperluan daftar ulang.
  • Sedangkan bagi peserta yang tidak lolos, bisa menggunakan sertifikat tersebut untuk mendaftar di jalur mandiri.

Nilai Skor Tertinggi UTBK SBMPTN 2024

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Nilai Skor Tertinggi UTBK SBMPTN 2024
Setelah membahas tentang cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN, selanjutnya kami juga akan membagikan informasi lain yang tak kalah pentingnya untuk diketahui.

Informasi lain yang dimaksud adalah nilai skor tertinggi UTBK SBMPT 2024 ini dan sebagai peserta Anda harus mengetahuinya.

Karena materi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 berbeda dengan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) pada tahun 2022 lalu.

Tetapi, materi ujian yang baru ini tak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti proses seleksi UTBK SNBT 2024 dan menorehkan kemampuan terbaik yang mereka miliki.

Hal tersebut dapat kita lihat dalam pelaksanaan UTBK SNBT 2024, dimana nilai UTBK 2024 sebesar 827,94 berhasil diraih oleh salah satu peserta dan masuk dalam daftar peserta dengan nilai skor tertinggi.

Peserta UTBK SNBT 2024 yang berhasil meraih nilai tertinggi ini juga diterima di Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Selain itu, peserta yang meraih nilai UTBK 2024 tertinggi kedua berhasil mendapatkan skor nilai 827,000 dan telah diterima di Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM).

Prof. Mochamad Ashari yang menjabat sebagai Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) juga menerangkan, bahwa peserta dengan nilai tertinggi di urutan ketiga sebesar 818,51 berhasil diterima di Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI).

Materi Tes UTBK/SNBT 2024

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Materi Tes UTBK/SNBT 2024
Materi ujian UTBK 2024 bukan lagi TKA dan TPS, namun Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Setiap peserta hanya diberi kesempatan tes sebanyak 1 kali dan diharapkan mereka bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, agar tidak kecewa setelah menerapkan cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN kalau tidak lulus.

Untuk materi tes UTBK atau SNBT 2024 yaitu sebagai berikut:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS akan digunakan untuk mengukur Kemampuan Kognitif para peserta sebelum mereka masuk ke perguruan tinggi.

Untuk Tes Potensi Skolastik (TPS) ada beberapa soal yang akan diujikan seperti Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Kemampuan kuantitatif mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

2. Literasi Bahasa Indonesia

Soal Literasi Bahasa Indonesia ini dibuat karena akan dijadikan sebagai tolak ukur siswa dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia.

3. Literasi Bahasa Inggris

Sama seperti Bahasa Indonesia, kemampuan bahasa asing juga penting dikuasai oleh mahasiswa di perguruan tinggi.

Sehingga diharapkan para calon mahasiswa nantinya dapat memahami esensi dari suatu bacaan yang menggunakan bahasa Inggris dan dapat menganalisis argumen yang ada di dalamnya.

4. Penalaran Matematika

Soal matematika ini dibuat karena akan dijadikan alat untuk mengukur kemampuan berpikir para peserta dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta.

Selain itu, alat matematika ini juga akan digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan di kehidupan bermasyarakat.

Ketentuan Pilih Prodi UTBK SBMPTN atau SNBT 2024

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Ketentuan Pilih Prodi UTBK SBMPTN atau SNBT 2024
Jika membahas tentang cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang ketentuan pilihan prodi yang diperbolehkan pada proses pendaftaran dan seleksi UTBK SBMPTN atau SNBT 2024.

Walaupun seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) sekarang berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

Meskipun namanya telah diubah, tetapui jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) secara nasional tersebut masih menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Berdasarkan Peraturan Mendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana pada PTN, peserta SNBT 2024 tidak akan diberikan tes kemampuan akademik (TKA) yang menguji soal-soal dari mata pelajaran jurusan.

Karena SBMPTN 2024 atau SNBT 2024 ini memberi kebebasan kepada para peserta untuk memilih program studi (prodi) yang mereka inginkan tanpa dibatasi asal jurusannya saat SMA.

Oleh karena itu, para peserta bisa untuk memilih dua prodi di satu PTN atau masing-masing satu prodi di dua PTN yang berbeda pada UTBK 2024 ini.

Meski tidak ada TKA, namun UTBK SNBT 2024 tetap fokus pada tes skolastik yang mengukur potensi kognitif, literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta penalaran matematika para peserta.

Pasalnya, seleksi bisa dilakukan berdasarkan hasil tes UTBK maupun ada tambahan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh para PTN.

Perlu diketahui juga bahwa PTN dapat menambahkan syarat mengenai portofolio untuk prodi seni dan olahraga.

Kendati demikian, pihak kampus tetap wajib mengajukan penambahan syarat kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Biaya SBMPTN 2024 atau SNBT 2024

Cara Melihat Nilai Skor UTBK SBMPTN
Biaya SBMPTN 2024 atau SNBT 2024
Agar informasi yang Anda dapatkan semakin lengkap, maka kami tidak hanya membahas tentang cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN, namun juga akan membagikan informasi tentang biaya SBMPTN 2024 atau SNBT 2024 yang harus disiapkan oleh para peserta.

Jadi, meskipun Anda sudah mendaftar, mengikuti seleksi dan berhasil lolos, namun informasi ini bisa dijadikan acuan untuk seleksi tahun depan siapa tahu ada sanak keluarga yang akan mendaftar.

Sehingga mereka bisa menyiapkan dana dari jauh-jauh hari agar proses seleksi bisa diikuti dengan maksimal.

Untuk biaya SBMPTN 2024 atau SNBT 2024 yaitu sebagai berikut:
  • Biaya SBMPTN 2024 atau SNBT 2024 adalah sebesar Rp 200.000
  • Siswa pendaftar SNBT 2024 yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat gratis biaya seleksi lewat Program KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  • Untuk kriteria peserta yang bisa mengikuti proses SNBT 2024 adalah siswa lulusan SMA, SMK, MA, dan Paket C lulusan 2021, 2022, dan 2024 yang berusia usia maksimal 25 tahun pada bulan Juli 2024.
  • Untuk jumlah prodi pilihan di SNBT adalah maksimal 2 prodi di 1 atau 2 PTN, bisa memilih jenjang D3, D4, maupun S1.
  • Jenis prodi pilihan SNBT tersebut tidak dibatasi oleh asal jurusan saat di SMA/SMK/MA/sederajat (Merdeka Bertanggung Jawab), sehingga para peserta bebas memilih prodi sesuai dengan yang mereka inginkan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara melihat nilai skor UTBK SBMPTN dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui oleh para peserta.

Skor yang diperoleh oleh para peserta UTBK akan memengaruhi lolos tidaknya siswa di PTN pilihannya.

Selain itu, para calon mahasiswa juga perlu tahu bahwa saat mendaftar UTBK 2024 atau SNBT 2024, mereka hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali saja.

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya mulai dari mempersiapkan biaya, syarat administrasi dan yang paling penting pengetahuan dalam bidang akademik sesuai dengan prodi yang dipilih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel