Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI 2024

Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI
Cara Polisi Melacak HP Dengan IMEI
- Memang sudah ada lama, namun setidaknya anda tahu caranya jika hal tersebut terjadi ke dirinya dan anda bisa langsung dengan mudah melacaknya.

Berbeda halnya kalau anda HP anda hilang karena tertinggal dirumah dan lupa menaruhnya, anda bisa menemukannya tinggal menelepon nomor Handphone.

Sebaliknya, kalau HP anda hilang ditempat umum dan anda tidak dapat menemukannya kemungkinan sudah di ambil orang lain yang melihatnya.

Eits, tidak perlu panik karena ada berbagai macam cara melacak HP yang hilang seperti menggunakan IMEI yang bisa anda coba apa bila HP anda hilang secara tiba-tiba.

International Mobile Equipment Identity atau biasanya disebut IMEI ini adalah nomor unik yang berbeda pada setiap perangkat ponsel.

Itu sebabnya, pastikan anda benar-benar memperhatikan nomor IMEI tersebut pada setiap kali melakukan pembelian HP baru untuk berjaga-jaga kalau HP anda hilang suatu saat.

Cara melakukan pelacakan HP hilang via IMEI memungkinkan anda untuk bisa menelusuri lokasi tanpa adanya email yang tertaut pada perangkat.

Sungguh disayangkan, sekarang ini masih banyak orang yang belum tahu kalau IMEI di HP dapat dipergunakan untuk melakukan pelacakan Smartphone yang hilang.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara polisi melacak HP dengan IMEI dan langsung saja simak dibawah ini.

Cara Mengetahui Nomor IMEI

Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI
Cara Mengetahui Nomor IMEI
Nah, sebelum anda ke cara polisi melacak HP dengan IMEI pastikan anda mengetahui nomor IMEI Handphone yang anda pergunakan tersebut.

Walaupun cara mengetahuinya mudah, akan tetapi nyatanya ada banyak orang yang belum mengetahui nomor IMEI HP-nya sendiri hal seperti ini membuat pelacakan menjadi terhambat.

Maka dari itu, langsung saja yuk simak langkah-langkah cara mengetahui nomor IMEI di HP sebagai berikut:

1. Kardus HP

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, sebelum kita ke cara polisi melacak HP dengan IMEI pastikan anda tahu nomor IMEI HP yang digunakan.

Biasanya nomor IMEI sudah ada di kardus HP pada saat anda membeli HP tersebut, namun sebaliknya belum tentu semua produsen HP menampilkan IMEI di kardus.

2. Belakang HP

Kalau anda tidak berhasil dalam menemukan nomor IMEI di kardus, silahkan periksa dibalik HP pada bagian dalam tinggal buka penutup belakang lalu lepaskan baterai dan periksa secara seksama sehingga anda bisa melihat nomor IMEI yang ada di disana.

3. Dial *#06#*

Kalau kedua cara diatas belum juga berhasil membantu anda menemukan IMEI, kita beralih ke cara polisi melacak HP dengan IMEI via kode dial.

Biasanya tinggal buka menu panggilan dan ketik *#06#*, nanti akan ada informasi IMEI HP anda akan segera muncul secara otomatis.

4. Melalui Pengaturan

Tinggal buka menu Setting yang ada di HP anda, kemudian cari opsi About Phone atau Tentang Telepon jika sudah selesai anda sudah bisa melihat nomor IMEI HP dan informasi lainnya.

Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI

Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI
Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI
Seperti kita tahui bersama, setiap Smartphone pastinya memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda dan nomor tersebut tidak dapat dihilangkan apa lagi diubah.

Hal seperti ini bertujuan untuk memastikan bahwa anda tidak membeli Smartphone hasil curian, selain itu IMEI ini juga dapat digunakan untuk melacak Smartphone yang hilang.

Cara polisi melacak HP dengan IMEI dapat anda terapkan, kalau anda mengalami hal serupa dan anda bisa langsung dengan mudah menemukan HP yang hilang tersebut.

Adapun langkah-langkah yang perlu diterapkan, pada saat melakukan pelacakan Smartphone yang hilang dan sudah dalam kondisi mati melalui nomor IMEI sebagai berikut:

1. Minta Bantuan Polisi

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat laporan ke kepolisian, dengan begitu pihak polisi akan segera membantu anda untuk melakukan pelacakan HP.

Polisi akan menggunakan nomor IMEI anda untuk melakukan pelacakan HP yang hilang tersebut, karena nomor IMEI ini berbeda dari setiap perangkat jadi IMEI ini cukup ampuh dalam menemukan HP yang hilang.

2. Minta Bantuan Operator Provider

Bukan hanya cara polisi melacak HP dengan IMEI, anda juga dapat menghubungi pihak operator provider yang anda gunakan.

Tinggal anda telepon call center provider dan informasikan bahwa nomor Handphone serta IMEI Handphone yang hilang lalu pihak operator akan secara otomatis membantu anda untuk melakukan pelacakan HP yang hilang tersebut.

Cara Melacak HP Hilang Melalui IMEI Secara Mandiri

Cara Polisi Melacak HP dengan IMEI
Cara Melacak HP Hilang Melalui IMEI Secara Mandiri
Kalau anda sudah tahu nomor IMEI, sekarang saatnya anda mengambil keputusan apakah anda ingin menerapkan cara polisi melacak HP dengan IMEI atau melacak secara mandiri tanpa adanya bantuan dari pihak kepolisian atau operator.

Pada saat anda sedang mengalami musibah kehilangan HP, ada aplikasi bernama Find My Device versi Android dan Find My iPhone versi iPhone yang dapat membantunya.

Hanya dengan bantuan aplikasi ini, kemungkinan anda bisa menemukan HP yang hilang karena saat ini Smartphone sudah mempunyai fitur GPS yang akan memudahkan anda dalam pelacakan.

Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor polisi atau operator hanya untuk meminta bantuan melacak HP yang hilang.

1. Find My Device

  • Sama seperti cara polisi melacak HP dengan IMEI, namun yang membedakannya anda unduh dan install aplikasi Find My Device di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Find My Device).
  • Setelah itu, anda buka aplikasi tersebut dan masukkan akun Google yang anda gunakan pada perangkat Android yang hilang.
  • Nanti anda akan melihat tampilan Maps.
  • Disana akan ada tampilan yang berisikan Play Sound untuk menyembunyikan ringtone Lock untuk mengunci HP dan Erase buat menghapus semua data secara manual lewat aplikasi Find My Device.

2. Find My iPhone

  • Pertama-tama pastikan anda sudah sign in sebelum HP anda hilang.
  • Kalau sudah, silahkan gunakan perangkat lain buat mengakses (iCloudn.com/find) untuk bisa login Apple ID.
  • Lalu buka fitur Find My iPhone sehingga anda akan memperoleh lokasi terakhir yang terekam di GPS.
  • Apa bila iPhone menunjukkan tanda sedang dalam kondisi aktif, silahkan klik Action.
  • Ketika masih disekitar anda, maka perangkat tersebut akan secara otomatis berbunyi dan memudahkan pencarian.
  • Namun kalau HP di curi, silahkan pilih mode Lost Mode.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara polisi melacak HP dengan IMEI yang sudah kami sampaikan secara rinci untuk anda gunakan.

Hanya dengan nomor IMEI anda bisa melacak HP yang hilang lebih mudah, namun jika anda lupa dengan nomor IMEI silahkan gunakan aplikasi tambahan.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu anda dalam menemukan HP anda yang hilang di curi. Sekian dan selamat mencoba.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel