Cara Flash HP OPPO Semua Tipe 2024

Cara Flash HP OPPO
Cara Flash HP OPPO
- OPPO termasuk ke salah satu ponsel yang saat ini paling populer di kalangan anak muda, walaupun mempunyai harga yang cukup relatif miring namun ponsel satu ini masih tergolong mempunyai performa yang sangat baik sehingga banyak orang yang menggunakannya sekarang ini.

Akan tetapi, ada beberapa kendala yang mungkin saja ditemukan para pengguna OPPO yakni ponsel tiba-tiba saja menjadi lambat dan mengalami bootlop (gagal booting) pada saat sedang di nyalakan.

Jika sudah begini ceritanya, flashing bisa menjadi solusinya namun sayangnya sekarang ini cara melakukan flashing OPPO relatif lebih sulit daripada beberapa produsen lainnya.

Eits tenang saja, pada kesempatan kali kami akan membagikan beberapa cara flash HP OPPO yang dapat anda gunakan dan untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini sampai habis ya guys!

Cara Flash HP OPPO

Jika anda adalah pengguna Smartphone OPPO, anda bisa menggunakan tiga cara flash HP OPPO yang sudah teruji dan 100 persen sukses dan berhasil dilakukan.

Oleh sebab itu, jangan sampai ragu menggunakan trik satu ini untuk melakukan flashing kalau Smartphone OPPO anda sedang mengalami masalah.

1. Melalui Flashing Tool di PC

Cara Flash HP OPPO
Melalui Flashing Tool di PC
Alternatif yang dapat anda gunakan yaitu dengan memanfaatkan tools khusus buat melakukan flashing Smartphone OPPO lewat PC ataupun laptop yang digunakan, cara satu ini sangat direkomendasikan khusus untuk para pengguna dari Smartphone OPPO.

Berbeda sama ponsel Android kebanyakan yang mana lebih mudah dilakukan flashing, akan tetapi anda tidak perlu cemas dan langsung saja simak langkah-langkah cara flash HP OPPO melalui flashing tool di PC sebagai berikut:
  • Download beberapa file yang ada dibawah ini:
    • ROM OPPO harus sesuai sama ponsel yang digunakan, unduh melalui link berikut ini (Download ROM OPPO).
    • USB Driver OPPO yang dapat anda unduh melalui link berikut ini (Download USB Driver OPPO). Tidak hanya itu saja, anda dapat mencarinya di mesin pencarian dengan kata kunci OPPO USB Driver.
    • USP Flash Tool yang bisa anda unduh melalui link berikut ini (Download USP Flash Tool).
  • Lalu anda ekstrak file ke PC atau Laptop.
  • Setelah itu, silahkan letakkan seluruh file tersebut ke dalam satu folder supaya anda tidak kebingungan nanti pada saat proses flashing.
  • Tinggal anda Instalasi Driver, lalu Instalasi Flashing Tool yang akan anda gunakan ke PC anda.
  • Kemudian anda buka aplikasi SP Flash Tool yang sudah anda install tadi dan klik Scatter-Loading. Lalu masukkan File Scatter yang ada didalam folder Firmware.
  • Jika file tersebut sudah berhasil di muat, tinggal klik Download yang ada pojok kiri atas.
  • Silahkan anda sambungkan Smartphone dengan memakai USB ke PC.
  • Nonaktifkan ponselnya sambil terhubung melalui USB, tinggal tekan Power Button + Volume UP secara bersamaan selama sekitar 10 detik.
  • Maka secara otomatis PC akan melakukan proses flashing dilakukan oleh PC, jika sudah anda akan memperoleh pesan Download OK.
  • Terakhir, ponsel akan secara otomatis melakukan restart dan proses sudah selesai dilakukan.
Perlu kami ingatkan, bahwa proses seperti ini bukanlah proses yang tanpa resiko bukan hanya mempunyai resiko namun proses flashing ini juga akan membuat seluruh data penting yang ada disana akan ikut terhapus alangkah baiknya anda buat backup terlebih dahulu sebelum melakukan flashing ya guys!

2. Melalui Memori Eksternal atau SD Card

Cara Flash HP OPPO
Melalui Memori Eksternal atau SD Card
Untuk cara selanjutnya anda tinggal memanfaatkan SD Card, cara satu ini agak sedikit rumit jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Namun anda dapat mencoba cara satu ini, jika cara pertama belum berhasil menyelesaikan masalah yang ada dan langsung saja simak langkah-langkah cara flash HP OPPO melalui memori eksternal atau SD Card sebagai berikut:
  • Download Firmware terlebih dahulu melalui link berikut ini (Download Firmware).
  • Jika sudah, tinggal anda pindahkan Firmware yang sudah didownload tadi ke SD Card yang telah anda persiapkan sebelumnya.
  • Tinggal nonaktifkan ponsel dan isi baterai ponselnya sampai penuh atau setidaknya 60-70% dari daya maksimal.
  • Nanti masuk ke Recovery Mode dengan menekan Power Button + Volumen Down selama sekitar 10 detik.
  • Silahkan tunggu beberapa saat sampai muncul logo OPPO yang ada di layar.
  • Lalu pilih English sebagai bahasa penghantar dan anda akan masuk ke dalam mode recovery.
  • Lanjutkan dengan memilih Instal Form SD dan pilih opsi From SD, lalu lanjutkan dengan memilih OS di SD Card yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Tinggal pilih Yes dan tunggu beberapa saat sampai proses pembaharuan selesai dilakukan.
  • Jika sudah, pilih Wipe data and cache dan pilih Yes.
  • Terakhir, anda pilih Reboot dan biarkan ponselnya melakukan restart.
Hanya dengan cara satu ini anda dapat masuk ke factory mode alias mode pada saat anda pertama kali membeli ponsel, seperti cara sebelumnya pastinya seluruh file yang ada di ponsel OPPO akan langsung terhapus.

3. Melalui UFI Box

Cara Flash HP OPPO
Melalui UFI Box
Cara terakhir yang dapat anda gunakan yaitu UFI Box, walaupun cara ini terbilang agak nyeleneh namun anda bisa memilih untuk menghapus sidik jari/pola/PIN/kata kunci yang terdapat di ponsel tanpa menghapus file.

Bisa dibilang, cara satu ini dapat dilakukan jika ponsel yang gunakan tidak bermasalah akan tetapi secara tidak sengaja terkunci dikarenakan anda lupa kata kunci yang sudah ada sebelum-belumnya.

Namun karena rawan untuk disalahgunakan, kami pastinya tidak akan bertanggung jawab jika anda memakai cara satu ini untuk hal-hal yang berbau kriminal.

Langsung saja simak langkah-langkah sebagai berikut:
  • Download Software melalui link berikut ini (Download UFI Box) atau bisa juga mencari ditempat lainnya yang menurutnya lebih terpercaya.
  • Nanti cari folder installasi UFI Box yang biasanya mempunyai nama UFI.
  • Lalu nonaktifkan ponselmu dan tinggal masukkan ke EDL Mode dengan menekan tombol Volume Up + Volume Down sekitar 10 detik secara serentak.
  • Jika sudah, nanti sambungkan ponsel OPPO ke PC atau Laptop dengan menggunakan kabel USB biasa.
  • Silahkan masukkan ke UFI dan pilihlah Chipset Qualcomm, kemudian pilih jenis ponsel OPPO sesuaikan sama yang digunakan.
  • Tinggal cari Chipset Processor sesuai sama yang ada di ponselnya.
  • Maka secara otomatis layar yang di software UFI akan berwarna ungu yang mendeteksi ponsel anda dan akan muncul menu Spesial Task berwarna kuning yang dibagian bawah.
  • Terakhir klik Special Tasks dan anda bisa memilih opsi Clear User Locks, Core, PIN, Gesture, Fingerprint kemudian anda tunggu beberapa saat sampai proses di jalankan oleh aplikasi tersebut.
Biasanya dengan cara satu ini, kata kunci atau semacamnya akan secara otomatis langsung terhapus dari ponsel tersebut tapi data-data masih tetap ada dan tidak terhapus dari dalam ponselnya.

Meskipun begitu, cara ini tidak dapat menyelesaikan masalahnya secara utuh itu sebabnya anda bisa memilih Full Erase Before Flash jika memang ingin melakukan factory reset sampai menjadikan ponsel layaknya baru kembali.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara flash HP OPPO yang dapat anda gunakan untuk melakukan flashing.

Silahkan anda ikuti setiap langkah-langkah yang sudah kami sediakan diatas secara benar, supaya anda berhasil dalam melakukannya.

Sehingga ponsel OPPO anda akan kembali seperti baru, namun pastikan sebelum menggunakannya backup terlebih dahulu data-datanya. Sekian dan selamat mencobanya.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel